UPTD Pendidikan Kecamatan Ngambon, sejak 30 Desember 2016 berubah menjadi UPT Pendidikan Wilayah II meliputi Kecamatan Ngambon, Kecamatan Ngasem,dan Kecamatan Tambakrejo, Klik di sini untuk Pembagian Wilayah UPT

Jumat, 15 Desember 2017

Penerimaan Rapor Semester I Diterimakan Kepada Orang Tua Peserta Didik

Sudah menjadi agenda program setiap tahun SDN Karangmangu II, bahwa pada akhir semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 sekolah mengundang orang tua peserta didik untuk menyampaikan buku rapor sebagai laporan pendidikan dan penyampaian program dan laporan sekolah kepada masyarakat.

Penerimaan buku rapor semseter I ini dilaksanakan hari Jumat, 15 Desember 2017, di SDN Karangmangu II, dengan mengundang seluruh orang tua peserta didik kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang berjumlah 29 orang, yang kebanyakan dihadiri oleh para ibu peserta didik.

Sebelum penerimaan buku rapor, Kepala Sekolah SDN Karangmangu II, Kasripan, S.Pd. menyampaikan beberapa program dan laporan yang telah dilaksanakan selama semester I, antara lain program PIP, liburan sekolah, masalah belajar siswa, masalah Rapor, dan informasi sekolah.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Bu Lia, sapaan akrab Reni Kusnalia, S.Pd.SD. bahwa Program Indonesia Pintar (PIP) adalah salah satu program yang dirancang khusus untuk membantu anak dari keluarga miskin/tidak mampu agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah/sederajat. Selain itu, PIP ditujukan untuk membantu meringankan biaya personal pendidikan, mencegah agar siswa tidak putus sekolah, serta mendorong siswa putus sekolah dapat melanjutkan pendidikan di satuan pendidikan formal maupun non formal. 

Untuk mendapatkan manfaat PIP, sekolah/lembaga pendidikan non formal untuk dapat mendaftarkan KIP-nya ke dalam aplikasi dapodik. Setelah itu, Kemendikbud melakukan verifikasi untuk dapat menerbitkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Penerima Manfaat PIP. SK yang berisi daftar nama penerima manfaat PIP tersebut dikirimkan ke bank penyalur manfaat (BRI dan BNI), Dinas Pendidikan, dan lembaga pendidikan. Setelah data sesuai dan lengkap, lembaga pendidikan memberikan surat keterangan kepada pemilik KIP untuk pencairan manfaat PIP di bank yang ditunjuk. Pencairan dapat dilakukan secara individu maupun kolektif. Demikian penjelasan tentang PIP.

Dalam penjelasan berikutnya mengenai liburan sekolah, bahwa liburan semester I, dimulai tanggal 18 sampai dengan tanggal 30 Desember 2017, karena tanggal 1 Januari 2018 libur nasional, maka masuk kembali pada semester II mulai hari Selasa, tanggal 2 Januari 2018. Sedangkan pesan dari Bu Lia bahwa dalam waktu liburan semester II, diharapkan orang tua harus mengarahkan anak-anak untuk tetap belajar di rumah dan belajar mengaji.

Untuk buku rapor dalam penjelasannya disampaikan bahwa buku rapor ini adalah untuk mengetahui kemajuan perkembangan capaian hasil belajar siswa, sedangkan guru kelas melalui raport guru kelas dapat mengetahui konsep-kosep atau teori-teori yang belum dikuasai, Memotivasi siswa untuk belajar lebih baik, Memperbaiki strategi belajar, dan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam kelas. Kemudian ditambahkan bahwa buku rapor setelah diterima nanti untuk di bawa pulang dan ditandatangani orang tua dan besuk pagi dikembalikan ke sekolah untuk disimpan kembali di sekolah.

Sedangkan informasi yang disampaikan kepada orang tua antara lain tentang seragam batik untuk kelas I yang belum memakai kostum atau busana nasional yang sudah mendunia, setelah disampaikan kepada wali murid disambut dengan baik yang akhirnya mulai kelas 1 sampai kelas 6 minta dipayakan seragam batik baru semuanya.


Pada saat pembagian atau penyerahan laporan buku rapor semester 1 tahun pelajaran 2017/2018, disampaikan beberapa tentang perkembangan putra putri bapak/ibu walimurid dan setelah menerima rapor wali murid menandatangani buku penerimaan rapor. (Lia)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar